Feeds RSS

Sabtu, 11 Oktober 2014

Pemahaman Mengenai Psikologi Manajemen

Nama : Desi amalina
Kelas : 3PA11
NPM : 11512884

soal :
1. Tentukan unsur psikologi apa saja ang dibutuhkan untuk melakukan planning, oganizing, actuating dan controlling!
2. Tuliskan peilaku apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan planning, organizing, actuating dan controlling! (sebanyak mungkin yang bisa digunakan)
3. Pelajarilah sistem manajemen ang spesifik dai sebuah perusahaan manufaktur (pabrik ang memproduksi). buatkan rangkuman sistem manajemenna dalam konsep ang spesifik dan menyeluruh. 
Jawaban :
1. Unsur psikologis: 1. Unsur kognitif, 2. unsur sikap kerja, 3. unsur kepribadian.
  • Unsur kognitif dapat diuraikan kedalam tiga bentuk perilaku kognitif, yaitu daya tangkap kognitif untuk memahami tugas(baik melalui informasi, kalimat, simol ataupun angka), daya berfikir ang konseptual(membangun konsep berfikir yang meneluruh dan sistematis), dan uga dari analisa berfikir (menciptakan hasil pemikiran yang tepat untuk selesaikan masalah.
  • Unsur sikap kerja bisa dilihat didalam beberapa aspek sikap kerja. yaitu ketahanan terhadap tekanan (daya tahan stress), cara kerja yang cepat untuk selesaikan pekerjaan, kemampuan untuk mencapai prestasi kerja yang memuaskan, ketelitian dalam melakukan pekerjaan.
  • Unsur kepribadian bisa berupa daya penyesuaian diri (adaptasi), kemampuan menalin interaksi dan hubungan ang baik, kemauan untuk bekerja sama dan juga bisa berupa kemampuan untuk memimpin. 
2.Perilaku yang di butuhkan adalah bentuk perilaku yang sudah disesuaikan dengan setiap satuan rumusan manaemen. misalnya saja untuk bisa membuat perencanaan (planning) maka perilaku yang dibutuhkan adalah perilaku yang bisa mengarahkan proses kognitifna untuk menangkap arahan dan intruksi kerja, menbuat konsep berfikir yang logis dan uga kognitif yang bisa di libatkan untuk menyelesaikan masalah pekerjannya. 
3. Konsep yang spesifik di artikan juga sebagai penerapan manajemen sampai kepada lingkup   kerja yang paling kecil.bagian kera yang ruang lingkupn kerjanya kecil didalamnya juga perlu diterapkan  konsep manajemen. tujuannya adalah supaya perusahaan mempunyai sistem manajemen yang di terapkan secara komprehensif. karenana kinerja yang mampu di proleh perusahaan adalah hasil kerja yang mampu dihasilkan oleh seluruh unit kerja, tanpa terkecuali (hasil dari sistem yang menyeluruh) : 

Sistem manajemen dalam sebuah perusahaan manufaktur.
Menciptakan sistem dan mekanisme kerja yang berlaku, adalah suatu usaha dari perusahaan  untuk membuat alur kerja yang terarah (sistematik) dan membuat aturan-aturan kerja yang membuat proses dari setiap alur kerja yang ada bisa berjalan secara terti dan tidak tumpang tindih (overlap).
membuat perencanaan kerja yang efektif, di artikan sebagai suatu usaha dari perusahaan untuk membuat konsep strategi kerja yang tepat.